GERAKAN KEWIRAUSAHAAN AYO GASS GELAR WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN DI 18 KECAMATAN


admin


18 Oktober 2020

Kontestasi politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Gunungkidul 2020 bagi pasangan Imawan Wahyudi dan Martanti Sunar Dewi harus mampu memberikan edukasi kepada warga. Kampanye bukan hanya memberi janji politik tapi bagaimana program yang ditawarkan bisa langsung memberi manfaat.

Program Ayo Gass adalah salah satu program unggulan pasangan nomor urut 2 ini, dimana program tersebut menawarkan program pendidikan dan pelatihan, pendampingan dan coaching bisnis, akses pasar dan juga permodalan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan generasi muda yang akan memulai atau sedang merintis usaha.

Dampak ekonomi dengan Pandemi Covid-19 menjadi salah satu perhatian serius kami, bagaimana kita bisa membantu UMKM yang terdampak dari perlambatan ekonomi tersebut. Diharapkan Gerakan Kewiarusahaan Ayo Gass akan mampu menumbuhkan dan memperkuat 14.000 wirausaha dan juga UMKM eksisting termasuk yang terdampak karena Pandemi Covid-19 di Kabupaten Gunungkidul dalam periode kepemimpinan 2021-2024.

Peluang pertumbuhan sektor pariwisata di Gunungkidul dalam sepuluh tahun terakhir diharapkan dapat ditangkap oleh UMKM dan generasi muda dalam pengembangan usahanya. Harapan kita, bisnis UMKM termasuk yang dikelola oleh generasi muda (bisnis starup) dapat menjadi penopang utama industri pariwisata yang terus bertumbuh di Gunungkidul saat ini.

UMKM dan generasi muda akan terus perkuat sehingga akan mampu mengolah potensi-potensi sumberdaya yang begitu melimpah di Gunungkidul, termasuk produk-produk pertanian, perikanan, peternakan dan lain-lain agar memiliki nilai tambah. Peran-peran BUMD salah satunya Bank Daerah Gunungkidul (BDG) kita akan arahkan dari aspek akses keuangan khususnya untuk sumber permodalan usaha bagi UMKM dan bisnis starup yang dikelola anak-anak muda Gunungkidul.
3h

Sejak program Ayo Gass kami louching (20/9/2020), sampai saat ini sudah lebih 500 anak-anak muda dan pelaku UMKM yang mulai mendapatkan manfaat, salah satunya melalui program pelatihan dan pendampingan yang telah kami berikan. Kami setiap Rabu sore jam 15.00-16.30 secara rutin mengadakan pelatihan secara online (daring) dengan Zoom Meeting bagi UMKM dan anak-anak muda yang baru merintis usaha.

Untuk memperluas penerima manfaat, AYo Gass akan melakukan workshop kewirausahaan serempak di 18 Kapanewon se-Gunungkidul pada tanggal 17 Oktober 2020. Harapan kita dengan workshop ini akan mampu menjangkau minimal 900 UMKM dan anak-anak muda yang ingin berusaha atau baru merintis usaha. Dan untuk kegiatan tersebut, saat ini kami sudah menyiapkan tim trainer AYo Gass yang merupakan para praktisi dalam bidang pengembangan bisnis yang sudah berpengalaman, dan juga sudah kami bekali khusus melalui Training Of Trainer (TOT) dalam metode konseling dan coaching bisnis bagi UMKM dan pelaku starup bisnis. Kita sudah menyiapkan lebih dari 50 trainer yang sudah siap kami terjunkan untuk pelatihan dan pendampingan usaha bagi warga yang ingin bergabung dalam Gerakan Ayo Gass.

Saat ini kami juga baru menyiapkan aplikasi pasar online (market place) yang akan menjadi media promosi dan pemasaran produk UMKM di Kabupaten Gunungkidul. Saatnya anak muda dan UMKM menjadi tulanggpunggung dan masa depan Kabupaten Gunungkidul.
Ayogass

Ayo Gass Adalah gerakan kewirausahaan berbasis Desa Calon Bupati Kabupaten Gunungidul 2021-2024 Immawan Wahyudi-Martanty Soenar Dewi.

Follow Us